...:: Senin, 18 Agusutus 2014 Jam 19.00 WIB Wayang Kulit Ki Anom Suroto Lakon "Durna Gugur" Bagian 1, Selamat Menikmati ::...

Senin, 26 April 2010

Ramayana bagian 1 Lokapala


Tersebutlah sebuah kerajaan besar bernama Lokapala. Negara ini adalah tempat bersemayamnya seorang raja muda bernama Danaraja. Danaraja atau Danapati terkenal sangat sakti dan tampan. Rakyat dan bala tentaranya terdiri dari manusia dan raksasa. Dan semua tentaranya sangat ahli dalam olah keprajuritan. Lokapala didirikan oleh Prabu Danurdana yang merupakan keturunan Dewa Sambu putra Bathara Guru. Kemudian berturut-turut Lokapala yang damai diperintah oleh Prabu Andanapati kemudian Prabu Lokawana. Prabu Lokawana memiliki putri yang cantik jelita bernama Dewi Lokawati. Lokawati yang cantik itu akhirnya menikah dengan seorang pemuda brahmana sakti dan tampan bernama Resi Wisrawa.


Setelah sang Prabu Lokawana mangkat, maka Wisrawa menjadi raja di Lokapala. Prabu Wisrawa sangat dicintai rakyatnya karena ia memimpin negara dengan arif dan bijaksana. Dan dari perkawinannya dengan Dewi Lokawati, mereka dianugrahi seorang putra yang diberi nama Danaraja. Tahun dan musim berganti, akhirnya Danaraja tumbuh dewasa dan akhirnya naik tahta menggantikan ayahnya yang lebih memilih hidup bertapa sebagai pendeta. Dan sama seperti ayahnya, Prabu Danaraja sangat arif dalam memimpin negara dan rakyatnya.

Sampai pada suatu ketika, Prabu Danaraja mendengar adanya sebuah sayembara memperebutkan seorang putri yang sangat cantik bernama Dewi Sukesi. Dewi Sukesi adalah putri dari Prabu Sumali seorang maharaja raksasa pemimpin negara Alengka. Sudah lama memang Danaraja mendengar kecantikan sang putri. Ia ingin sekali memperistri Dewi Sukesi dan menyandingkannya sebagai permaisuri kerajaan Lokapala. Maka disampaikanlah keinginan itu kepada ayahandanya Resi Wisrawa. Danaraja ingin sekali ayahnya mengutarakan keinginannya dan melamar Dewi Sukesi untuknya.

Wisrawa senang sekali mendengar hal tersebut. Dan dengan cinta yang tulus dari seorang ayah, Wisrawa bersedia berangkat ke Alengka untuk melamar sang putri Sukesi karena menurut Resi Wisrawa, tidak pantas bagi seorang raja terjun langsung ke dalam arena sayembara, lagi pula syarat kedua, yaitu penjabaran ilmu sastrajendra hayuningrat pangruwating diyu tidak akan mungkin dapat diungkapkan oleh Prabu Danaraja, sebab menurut Resi Wisrawa hanya dia sendirilah yang dapat melakukan.

Alengkadiraja adalah kerajaan besar yang dipimpin oleh raja raksasa bernama Prabu Sumali. Walaupun sang raja berujud raksasa namun meskipun demikian, hati dan tindak-anduknya jauh lebih mulia melebihi manusia lumrah. Prabu Sumali sendiri adalah putra dari raja Alengka sebelumnya, Prabu Puksura. Prabu Sumali juga memiliki putra yang berwujud raksasa bernama Prahasta yang sangat sakti. Negara Alengka merupakan negara yang sudah berusia cukup tua. Raja-raja sebelumnya yaitu Prabu Banjaranjali, Prabu Jatimurti, Prabu Getahbanjaran, Prabu Bramanatama, Prabu Puksura dan terakhir Prabu Sumali. Rakyat Alengka kebanyakan adalah para raksasa yang hidup tentram dan damai dibawah kepemimpinan raja-raja tersebut.

Kini, Prabu Sumali tengah mencari jodoh untuk putrinya yang tercinta Dewi Sukesi. Dewi Sukesi memberikan syarat bagi calon suami yang ingin meminangnya harus ahli dalam hal kesusastraan. Namun diluar persyaratan itu, Jambumangli sendiri menghendaki adiknya menikah dengan seorang satria yang mampu mengatasi keperkasaannya. Dan memang hingga kini tak satupun para satria dan raja yang datang ke Alengka mampu mengalahkan kedigdayaan Jambumangli. Tetapi nampaknya, Sang Pencipta berkata lain. Resi Wisrawa akhirnya sampai di istana Alengka dan bertemu dengan Prabu Sumali.

Dua insan yang memang sahabat lama ini saling berpelukan pada saat mereka bertemu. Namun air muka sang Prabu Sumali berubah pada saat Wisrawa menyatakan keinginannya datang ke Alengka. Prabu Sumali memberitahukan bahwa untuk mendapatkan Dewi Sukesi kerajaan telah membuat suatu sayembara tanpa memandang apa dan siapa orangnya yaitu harus dapat. mengalahkan Ditya Kala Jambu Mangli saudara muda Prabu Sumali dan harus dapat menjabarkan Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangrumating Diyu.

Wisrawa menyanggupi dan kemudian berhadapanlah dia dengan Arya Jambumangli. Dari hasil percakapannya dengan Ditya Kala Jambumangli, Resi Wisrawa mendapatkan isyarat, bahwa Jambumangli yang pamannya Dewi Sukesi itu ternyata mempunyai minat sendiri terhadap kemenakannya. Oleh karenanya, Resi Wisrawa bertekad tidak hanya akan mengalahkan tetapi harus memusnahkan Jambumangli. Perang tanding seru terjadi. Namun kesaktiaan Jambumangli masih berada dibawah Wisrawa.

Maka setelah beberapa waktu, Jambumangli mulai kehabisan tenaga dan Resi Wisrawa dengan mudah menekuk Jambumangli. Namun Jambumangli yang licik terus memburu Resi Wisrawa. Wisrawa mengeluarkan kesaktian dahsyatnya dan dibantainya Arya Jambumangli hingga terpenggal kedua tangan, kaki dan kepalanya. Sorak sorai para penonton dan ksatria membahana karena hal ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Jambumangli memang satria raksasasa yang sakti namun ia berwatak angkuh dan sombong. Persyaratan pertama telah dilalui.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar