...:: Senin, 18 Agusutus 2014 Jam 19.00 WIB Wayang Kulit Ki Anom Suroto Lakon "Durna Gugur" Bagian 1, Selamat Menikmati ::...

Senin, 07 Juni 2010

Jadwal Siaran Radio "BUDAYA JAWA" 7 s.d. 24 Juni 2010

Radio Budaya Jawa mulai tanggal 7 .d. 24 Juni 2010 menampilkan Ki Anom Suroto lakon-lakon tentang Wahyu. Biasanya lakon tentang Wahyu adalah lakon carangan, yaitu lakon bukan pakem di cerita wayang Mahabarata atau Ramayana. Dan jalan ceritanya biasanya memperebutkan "wahyu" untuk kemuliaan atau tujuan-tujuan tertentu. Dan pada akhirnya yang berhak atas wahyu itu adalah kebaikan yang didalam perebutan itu mengalahkan kebatilan.

Lakon Wahyu menceriterakan mengenai keberuntungan seorang kesatria yang mendapatkan anugerah dari dewata karena kesucian hatinya dalam memaknai setiap cita-citanya. Lakon wahyu yang paling terkenal yakni Wahyu Makutharama. Lakon wahyu ini sangat banyak dan tergolong paling disukai masyarakat penggemar wayang. Karena sifatnya yang ringan, banyak humor, berpetuah, dan ramai dalam sajian, serta diyakini akan membawa berkah kebaikan pada penanggap pasca mengadakan pergelaran wayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar